Langsung ke konten utama

dasar autocad

Fungsi AutoCAD

AutoCAD merupakan software komputer yang digunakan untuk menghasilkan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi. Dengan perangkat lunak ini sangat memudahkan pekerjaan desain interior, insinyur mesin, arsitek dan berbagai profesi lainnya. Dengan berbagai fungsi AutoCad yang mudah diaplikasikan, menjadikan software ini populer dan banyak digunakan.
CAD adalah kependekan dari Computer-aided drafting and design program. Aplikasi ini berfungsi dalam bidang desain grafis, arsitektur, teknik sipil, mekanikal engineering dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan penciptaan gambar tertentu. Dengan perangkat lunak ini, maka lebih mudah dalam menghasilkan model yang tepat, guna memenuhi kebutuhan khusus. Karena gambar bisa dibuat menyerupai bentuk aslinya, dengan ukuran yang disesuaikan.

Menggunakan AutoCAD

Sebelum mengoperasikan Software AutoCAD, salah satu pengetahuan dasar yang harus dikuasai adalah pengetahuan tentang tampilan layar AutoCAD. Karena jika kita belum memahami pengetahuan tentang tampilan layar AutoCAD dengan baik maka kita akan sulit untuk bisa mengoperasikan program AutoCAD dengan baik. Berikut ini bagian – bagian atau Tools yang dapat dilihat pada tampilan ayar AutoCAD :

Teknik Dasar Auto Cad

Keterangan :
1. Area Gambar
Area Gambar adalah lembar kerja atau tempat yang berfungsi untuk menampilkan gambar, untuk menggambar dan melakukan pengeditan gambar.
2. Baris Status
Baris Status ini berisi tentang informasi mengenai status lembar kerja kita dalam keadaan dari beberapa fungsi khusus, seperti polar, grid, ortho, snap, model dan lain-lain.
3. Baris Perintah
Baris Perintah ini berfungsi untuk memasukkan perintah-perintah yang ada pada AutoCAD, seperti CIRCLE, LINE, RECTANGLE, Ext dan lain – lain. Baris Perintah juga berfungsi untuk memberikan tanggapan terkait perintah-perintah tersebut seperti ukuran atau dimensinya.
4. Toolbar
Toolbar merupakan tombol-tombol yang isinya terdiri dari perintah-perintah AutoCAD yang dapat dipergunakan dengan cara mengkliknya sehingga kita tidak perlu mengetikkan perintah. Toolbar ini ditampilkan dalam bentuk simbol-simbol dalam sebuah kotak yang terbagi dengan fungsinya masing – masing.
5. Menu Pull Down
Menu Pull Down adalah Baris menu yang berisikan fungsi-fungsi untuk menggunakan AutoCAD, seperti perintah untuk penggambaran, menampilkan file gambar, mengubah setting, menyimpan dan lain – lain.
6. Coordinat System
Coordinat System adalah sumbu koordinat yang menunjukkan arah garis atau gambar menuju ke arah sumbuh X atau Y, jika 3 Dimensi maka akan muncul sumbu Z.
Demikian Pengetahuan Dasar tentang AutoCad, pahami terlebih dahulu fungsi dari masing – masing bagian diatas sebelum menggambar, agar saat mulai menggambar kita sudah paham dan mudah untuk menggambar pada AutoCAD.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAKIAN GUNUNG GEDE VIA PUTRI Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri  adalah pendakian dengan jalur berat. Hampir di setiap trek adalah jalur menanjak dan sedikit sekali jalan datar. Gunung Gede Pangrango memiliki 3 jalur pendakian resmi yaitu jalur Cibodas, jalur Gunung Putri dan jalur Selabintana. Jalur Cibodas adalah pilihan favorit pertama karena di jalur ini terdapat banyak spot wisata alam yang sangat bagus, dan sumber air berlimpah. Sedangkan jalur Gunung Putri adala jalur yang berat namun kita akan bertemu dengan salah satu pos yang paling bagus dari semua pendakian yakni  Alun-Alun Surya Kencana . Adalah lahan yang sangat luas dipenuhi bunga edelweiss dan rerumputan seluas mata memlihat, dan tempat favorit mendirikan tenda bagi para pendaki. Akomodasi menuju basecamp pendakian via jalur Gunung Putri cukup mudah. Pada dasarnya lokasinya berdekatan dengan jalur Cibodas. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum, turun di Pasar Cipanas lalu di
pendakian ciremai via palutungan Pendakian gunung Ciremai via jalur Palutungan  merupakan jalur pendakian yang populer. Gunung Ciremai memiliki ketinggian mdpl (meter di atas permukaan laut) sebesar 3.078, karena letak gunung ini yang tidak terlalu jauh dari pesisir pantai maka ketinggian mdpl-nya akan sangat terasa berbeda dengan gunung-gunung lain yang jauh dari laut.  Jalur pendakian via Palutungan  yakni jalur pendakian dari kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Gunung Ciremai  merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3078 mdpl. Secara administratif, Gunung Ciremai terletak di Kabupaten Cirebon, Kuningan dan Majalengka. Pendakian gunung Ciremai yang paling populer ada tiga yakni jalur Palutungan, jalur Linggarjati dan jalur Apuy. BASECAMP JALUR PALUTUNGAN    Akses untuk menuju basecamp Palutungan cukup mudah. Dari kota Kuningan bisa menggunakan angkutan umum menuju daerah Resort Cigugur atau Kantor Taman Nasional Gunung Ciremai. Karena jalur pend

dasar gitar

                                                                                          PENJELASAN                                                        MELODI Melodi adalah serangkaian nada yang dibunyikan satu per satu, yang terbentuk dari scale atau bisa disebut tangga nada. Mempelajari melodi gitar artinya pengetahuan tentang tangga nada adalah suatu keharusan dan sangat mutlak. Karena dari tangga nada tersebut, seorang gitaris dapat mengembangkan skill  bermain gitar  nya atau improvisasi solo melodi atau yang biasa disebut lick. Lick dan riff mempunyai makna yang hampir sama. Lick berarti suatu bentuk improvisasi dari riff. Sedangkan riff adalah sebuah pola melodi dalam sebuah tangga nada tertentu. Saat ini ada banyak sekali tangga nada. Jumlahnya bisa sampai ratusan, namun jumlah itu bisa saj bertambah seiring kemajuan zaman. Kalau di lihat secara umum tangg nada dapat di bagi dua, yaitu tangga nada diatonik dan tangga nada sintetik. Tangga nada diatonik terdiri dar