Langsung ke konten utama

TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN


Dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, dikatakan maju atau tidaknya sebuah negara dilihat dari seberapa jauhnya pemahaman seseorang dalam kemajuan teknologi saat ini. Teknologi yang makin berkembang saat ini membuat seorang individu mau tidak mau harus mengikuti baagaimana perkembangan teknologi yang semakin maju pesat begitu mempengaruhi akan kemajuan negaranya itu sendiri. Jikalau suatu negara tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi saat ini bisa saja angka kemiskinan yang sedang gencar untuk dihapuskan tiba-tiba meningkat drastis sehingga akan sulit bagi pemerintah untuk mengurangi dan menstabilkannya.
Dilihat dari berbagai teori tentang teknologi, misalkan saja menurut Walter Buckingham, teknologi adalah ilmu pengetahuan yang diterapkan ke dalam seni industri, oleh karenanya mencakup alat-alat yang memungkinkan terlaksananya efisiensi kerja menurut keragaman kemampuan. Atau menurut pengertian lain, teknologi adalah pemanfaatan ilmu untuk memecahkan suatu masalah dengan cara mengerahkan semua alat yang sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan dan skala nilai yang ada. Teknologi digunakan untuk memecahkan masalah-masalah praktis serta untuk mengatasi semua kesulitan yang mungkin dihadapi manusia. Teknologi kadang sering disanding-sandingkan dengan ilmu hingga ada sebuah ungkapan ilmu tanpa teknologi adalah steril dan teknologi tanpa ilmu adalah statis yang berarti ilmu tanpa teknologi tidak berkembang dan teknologi tanpa ilmu tidak berakar.
Dilihat dari seberapa jauh perkembangan teknologi saat ini, kita tidak bisa menghindari suatu keadaan dimana sebuah negara yang memiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi disebabkan oleh keterbatasan negara tersebut akan perkembangan teknologi yang bisa saja mampu memumpuni negaranya agar bisa lebih berkembang lebih pesat lagi. Kemiskinan merupakan masalah global, maksudnya adalah suatu keadaan dimana terjadi kekurangan hal-hal yang biasanya sering kita butuhkan seperti makanan, pakaian, material, tempat tinggal, dan hal ini sangat berkaitan eratnya dengan kualitas hidup seseorang. Kemiskinan juga bisa berarti terhambatnya akses seseorang untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, serta pekerjaan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kemiskinan dan mendapatkan status yang tepat untuk dihormati layaknya warga negara pada umumnya.
Penyebab terjadinya kemiskinan bisa disebabkan oleh:
Penyebab individual atau patologis, yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari perilaku, kemampuan, atau pilihan dari orang yang mengalami kemiskinan tersebut
Penyebab Keluarga, yang menghubungkan kemiskinan dengan pendidikan keluarga
Penyebab sub-budaya (sub cultural) yang menghubungkan kemiskinan dengan kehidupan sehari-hari, dipelajari atau dijalankan dalam lingkungan sekitar
Penyebab agensi, yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari aksi orang lain, termasuk perang, pemerintah dan ekonomi
Penyebab struktural yang memberikan alasan bahwa kemiskinan merupakan hasil dari struktur sosial
Untuk mencegah terjadinya kemiskinan yang berkelanjutan, ada beberapa bisa dilakukan seperti memberikan bantuan berupa material ataupun non material kepada pihak yang membutuhkan, dan sebagainya yang mungkin bisa mengurangi tingkat kemiskinan secara bertahap.
Dari semua kesimpulan yang sudah di uraikan diatas, dapat dikatakan bahwa suatu negara apabila ingin meraih kemajuan yang pesat maka negara tersebut harus mulai memahami dan mengikuti segala perkembangan teknologi yang saat ini sedang happening agar angka kemiskinan yang semakin meningkat bisa diatasi dan dikurangi supaya warga negara yang mendiami negaranya bisa lebih memiliki akses yang luas untuk mendapatkan segala fasilitas yang berhubungan dengan pendidikan, pekerjaan, serta secara tidak langsung negaranya bisa maju dan berkembang lagi dari sebelumnya.
Contoh Kasus:
Pengangguran dan Kemiskinan Tertekan Tipis
Metrotvnews.com, Jakarta: Dua indikator kesejahteraan pada 2014 yakni tingkat pengangguran dan kemiskinan diasumsikan
tertekan tipis pada proyeksi RAPBN 2014. Mencermati kondisi tersebut, pemerintah membuat kebijakan dan alokasi anggaran untuk memperluas perlindungan sosial kepada masyarakat dan lingkungan, antara lain Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).
“Diharapkan pada 2014, tingkat penangguran dan angka kemiskinan itu dapat tertekan lebih rendah dibandingkan pada periode 2013 yang tertuang pada APBN,” kata Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara Purwiyanto Pranotosuwiryo pada Seminar Kinerja Ekonomi KTI di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/12).
Berdasarkan data Kementerian Keuangan, perkembangan asumsi dasar ekonomi makro untuk tingkat pengangguran pada RAPBN 2014 tercatat 5,6-5,9 persen, sedikit lebih rendah dibanding APBN Pokok 2013 yakni 5,8-6,1 persen. Angka kemiskinan pada RAPBN 2014 diasumsikan 9,0-10,0 persen atau lebih rendah daripada APBN-P 2013 yang masih mencapai 9,5-10,5 persen. “Dua indikator ini merupakan penentu tingkat kesejahteraan suatu masyarakat  dalam wilayah tertentu,” kata Purwiyanto. (Ant)
Bisa kita jelaskan rinci dari kasus diatas bahwa kemiskinan bisa ditekan apabila pihak pemerintah mampu dan benar-benar mau mengurangi angka kemiskinan tersebut agar negaranya bisa mangalami kemajuan yang pesat dan hal itu bisa terjadi asalkan warga negaranya juga ikut bekerja sama dengan pemerintah dan semua pihak yang terkait agar angka kemiskinan bisa di tekan atau mungkin bisa dihapuskan.












SUMBER :

http://gibran-de-leonardo.blogspot.co.id/2015/01/hubungan-teknologi-dan-kemiskinan-di.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAKIAN GUNUNG GEDE VIA PUTRI Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri  adalah pendakian dengan jalur berat. Hampir di setiap trek adalah jalur menanjak dan sedikit sekali jalan datar. Gunung Gede Pangrango memiliki 3 jalur pendakian resmi yaitu jalur Cibodas, jalur Gunung Putri dan jalur Selabintana. Jalur Cibodas adalah pilihan favorit pertama karena di jalur ini terdapat banyak spot wisata alam yang sangat bagus, dan sumber air berlimpah. Sedangkan jalur Gunung Putri adala jalur yang berat namun kita akan bertemu dengan salah satu pos yang paling bagus dari semua pendakian yakni  Alun-Alun Surya Kencana . Adalah lahan yang sangat luas dipenuhi bunga edelweiss dan rerumputan seluas mata memlihat, dan tempat favorit mendirikan tenda bagi para pendaki. Akomodasi menuju basecamp pendakian via jalur Gunung Putri cukup mudah. Pada dasarnya lokasinya berdekatan dengan jalur Cibodas. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum, turun di Pasar Cipanas lalu di
pendakian ciremai via palutungan Pendakian gunung Ciremai via jalur Palutungan  merupakan jalur pendakian yang populer. Gunung Ciremai memiliki ketinggian mdpl (meter di atas permukaan laut) sebesar 3.078, karena letak gunung ini yang tidak terlalu jauh dari pesisir pantai maka ketinggian mdpl-nya akan sangat terasa berbeda dengan gunung-gunung lain yang jauh dari laut.  Jalur pendakian via Palutungan  yakni jalur pendakian dari kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Gunung Ciremai  merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3078 mdpl. Secara administratif, Gunung Ciremai terletak di Kabupaten Cirebon, Kuningan dan Majalengka. Pendakian gunung Ciremai yang paling populer ada tiga yakni jalur Palutungan, jalur Linggarjati dan jalur Apuy. BASECAMP JALUR PALUTUNGAN    Akses untuk menuju basecamp Palutungan cukup mudah. Dari kota Kuningan bisa menggunakan angkutan umum menuju daerah Resort Cigugur atau Kantor Taman Nasional Gunung Ciremai. Karena jalur pend

dasar gitar

                                                                                          PENJELASAN                                                        MELODI Melodi adalah serangkaian nada yang dibunyikan satu per satu, yang terbentuk dari scale atau bisa disebut tangga nada. Mempelajari melodi gitar artinya pengetahuan tentang tangga nada adalah suatu keharusan dan sangat mutlak. Karena dari tangga nada tersebut, seorang gitaris dapat mengembangkan skill  bermain gitar  nya atau improvisasi solo melodi atau yang biasa disebut lick. Lick dan riff mempunyai makna yang hampir sama. Lick berarti suatu bentuk improvisasi dari riff. Sedangkan riff adalah sebuah pola melodi dalam sebuah tangga nada tertentu. Saat ini ada banyak sekali tangga nada. Jumlahnya bisa sampai ratusan, namun jumlah itu bisa saj bertambah seiring kemajuan zaman. Kalau di lihat secara umum tangg nada dapat di bagi dua, yaitu tangga nada diatonik dan tangga nada sintetik. Tangga nada diatonik terdiri dar